MODEL PEMBELAJARAN PROJECT CITIZEN


Januari 2010 saya membeli buku " Inovasi pembelajaran PROJECT CITIZEN" yang di tulis oleh Prof. Dr. Dasim Budimansyah, M.Si, kemudian saya implementasikan di kelas PKn saya. Merasa tidak puas karena menemukan beberapa kendala, saya beranikan diri untuk menanyakan permasalahan saya melalui inbox di akun facebook Pak Dasim. beliau kemudian memberi tips dan menyarankan saya untuk mengikuti Workshop PROJECT CITIZEN yang diselenggarakan oleh Sekolah Pasca Sarjana UPI tanggal 2-3 Juli 2010.


Project citizen adalah sebuah model pembelajaran berbasis potofolio, Melalui model ini para siswa bukan hanya diajak untuk memahami konsep dan prinsip keilmuan, tetapi juga mengembangkan kemampuannya untuk bekerja secara kooperatif melalui kegiatan belajar praktik-empirik. dengan demikian pembelajaran akan semakin menantang, mengaktifkan dan lebih bermakna.

Berikut adalah langkah-langkah pembelajaran Melalui Model Pembelajaran Project Citizen :

Langkah 1
IDENTIFIKASI MASALAH

1. Membagi siswa menjadi 10 kelompok (masing-masing kelompok terdiri dari 3-4 orang siswa)
2. Tiap kelompok mengidentifikasi permasalah yang termasuk kebijakan publik yang terdapat didaerahnya ( tiap kelompok mengusulkan 1 masalah )
3. Kumpulkan semua permasalahan tersebut, dan tuliskan di papan tulis.


Langkah 2
MEMILIH MASALAH

1. Setiap siswa memilih 3 masalah (1 man 3 vote )
2. Jumlahkan perolehan suara dari masing-masing permasalahan tersebut.
3. Apabila jumlah suara yang diperoleh oleh ranking pertama belum mencapai jumlah 50% plus 1, maka selanjutnya diadakan pemilihan tahap 2 untuk mendapatkan satu masalah sebagai bahan kajian kelas


* Setelah didapatkan masalah yang akan di kaji, selanjutnya bagi kelas menjadi 4 kelompok
portofolio
* Tiap kelompok portofolio bertugas membuat 2 laporan portofolio, yakni Portofolio tayangan (untuk show case) dan Dokumen Portofolio ( laporan penelitian dan data pendukung, berupa hasil wawancara, kajian pustaka, klipping dll )
* Tugas Masing-masing kelompok Porto folio :

a. Kelompok Portofolio 1 = Menjelaskan Masalah, latar belakang masalah dan pentingnya masalah tersebut menjadi bahan kajian
b. Kelompok Portofolio 2 = Mengkaji Kebijakan alternatif
kelompok ini bertanggungjawab untuk menjelaskan masalah dan memberikan penilaian atas kebijakan yang sudah ada / yang sedang disusun.
c. Kelompok Portofolio 3 = Mengusulkan kebijakan alternatif
d. Kelompok Portofolio 4 = Mengembangkan Rencana kerja
Rencana ini harus mencakup langkah-langkah yang mungkin dapat diambil sebagai cara
untuk membuat pemerintah menerima dan melaksanakan kebijakan yang diusullkan

Langkah 3
MENGUMPULKAN INFORMASI

Untuk memperoleh informasi yang akurat dan komprehensif, tiap kelompok hendaknya mengumpulkan informasi dari berbagai sumber, baik melalui kajian pustaka, observasi, wawancara dan informasi dari sumber-sumber lain yang relevan.
Berikut adalah contoh sumber informasi :
1. Undang-undang
2. Perpustakaan
3. Koran/majalah
4. Profesor dan pakar
5. Profesional (Polisi, Hakim, psykolog dll)
6. Organisasi masyarakat / LSM
7. Tokoh agama / tokoh masyarakat
8. Jaringan informasi Elektronik
9. Instansi pemerintah

Langkah 4 :
MENGEMBANGKAN PORTOFOLIO KELAS

Untuk memasuki tahapan ini, tiap kelompok portofolio harus sudah menyelesaikan penelitiannya.
Tiap kelompok potofolio membuat laporan, terdiri dari :
1. Bagian Tayangan
Laporan ini berupa sebuah panel portofolio terbuat dari kardus bekas, styrofoam atau bahan lain dengan ukuran tidak lebih dari 90cm x 80 cm. bagian ini berisi pernyataan-pernyataan tertulis, daftar dari sumber-sumber informasi, peta, grafis, foto-foto karya seni dll.

2. Bagian Dokumentasi
Bagian ini berisi laporan penelitian kelompok dengan melampirkan data pendukung hasil kajian pustaka, wawancara dan observasi


* Setelah semua kelompok menyelesaikan laporannya, Panel Portofolio tayanagan tiap kelompok dirangkai sehingga menjadi satu dokumen portofolio tayangan kelas seperti gambar dibawah ini

Langkah 5
MENYAJIKAN PORTOFOLIO

Tujuan kegiatan ini adalah membekali pengalaman kepada siswa tentang cara menyampaikan gagasan kepada orang lain, serta bagaimana meyakinkan orang lain terhadap langkah-langkah yang akan diambil.

Dalam sesi ini tiap kelompok mempresentasikan hasil penelitiannya dihadapan hadirindan dewan juri, yang populer disebut SHOWCASE.
Presentasi dilakukan secara bergantian mulai dari kelompok portofolio 1, 2, 3 dan terakhir kelompok. Untuk memotivasi siswa, guru dapat menghadirkan beberapa guru lain, tokoh masyarakat atau para ahli sebagi peninjau dan dewan juri, sementara guru bidang study bertindak sebagai moderator. Setelah presentasi dilakukan, dewan juri mengajukan beberapa pertanyaan untuk menguji hasil penelitian siswa.
Untuk menghidupkan suasana, sebelum presentasi tiap kelompok memperkenalkan diri dan meneriakkan yel-yel kelompoknya dan setelah presentasi melakukan pentas seni.

Langkah 6
REFLIKSI PENGALAMAN BELAJAR

Refleksi pengalaman belajar dilakukan setelah semua kelompok melakukan presentasi. Hal ini penting dilakukan untuk melihat sejauhmana efektifitas model pembelajaran ini dalam meningkatkan kemampuan siswa serta untuk menghindari terjadinya kesalahan

* Sebagai penutup acara, dewan juri memberikan penilaian presentasi tiap kelompok.


CATATAN :
1. Karena panjangnya proses kegiatam model pembelajaran ini. Pelaksanaannya cukup dilakukan 1 semester / 1 tahun sekali. Kegiatannya dapat merupakan gabungan kegiatan Ko, Intra dan ekstra kurikuler.
2. Materi yang dibahas dapat merupakan materi lintas SK, lintas KD bahkan lintas mata pelajaran
3. Materi yang saya sajikan ini adalah materi sejauh yang dapat saya tangkap selama mengikuti Workshop. Mohon masukan, klarifikasi dan saran dari para pakar dan teman-teman


Salam "Smart & Good citizen"

Dahli Ahmad